Macam-macam pendidikan khusus siswa yang berkemampuan unggul dan berbakat khusus.

Macam-macam pendidikan khusus siswa yang berkemampuan unggul dan berbakat khusus, antaralain :
 Kognitif
Ranah kognitif meliputi sejenis kemampuan tinggi. Siswa yang berbakat adalah penbelajar yang cepatdan pengingat informasi yang unggul. Mereka dapat juga dengan cepat melihat hubungan antara sesuatu yang mereka pelajari dalam konteks berbeda. Kognitif meliputi juga komitmen dan motivasi seperti yang di terngkan Renzulli sebagai komitmen tinggi pada tugas. Para ahli dengan hasil penelitiannya (Thompson, Berger, Berry, 1980: Krech, 1969; Mac Lean, 1979) menunjukkan secara biologis ada perbedaan sturktur otak antara anak berbakat dengan anak normal. Anak berbakat menggunakan kedua belahan otak kiri dan kanan sebagai alat berpikir dan seluruh fungsi-fungsi lain (rasa, pendirian, dan intuisi) secara terintegritas sehingga mewujudkan perilaku kreatif.
Perspektif dan kecermatan anak berbakat seringkali menimbulkan kebimbangan diri, sehingga seringkali anak berbakat tidak mampu bekerja rapi dan teratur. Perkembangan kognitif anak berbakat disertai dengan perkembangan kemampuan intuitif yang akan mengarah kepada pemunculan perilaku kreatif. Kreativitas adalah ekspresi tertinggi dari keberbakatan. Kaitan intuisi dengan perilaku kreatif ialah fungsi intuisi berperan dalam pemunculan inisiatif, imajinatif, dan wawasan bertindak yang mengarah kepada perilaku kreatif.
Keunikan intuisi anak berbakat ditandai dengan kecenderungan untuk terlibat dan peduli terhadap pengetahuan intuitif dan fenomena-fenomena metafisik, terbuka terhadap pengalaman-pengalaman metafisik, dan menunujukkan perilaku kreatif dalam banyak hal. Karena kekuatan imajinasi yang luar biasa, anak berbakat mungkin akan menunjukkan perilaku yang sulit untuk diterima kelompoknya sehingga bisa menimbulkan tidak akan mendapatkan tanggapan serius dari orang lain yang lebih tua usianya karena dipandang berperilaku aneh, menyimpang, dan dianggap sebagai pembuat kekacauan. Penulis, wartawan, sastrawan, orator, dan komedian merupakan contoh-contoh yang memiliki kecerdasan kognitif.

 Afektif (emosi)
Ranah afektif menurut Clark, adalah sesuatu kecenderungan terhadap kedalaman emosional dan sensitifitas terhadap perasaan orang lain. Anak berbakat dengan fungsi kognitifnya mampu mengolah informasi dan menumbuhkan kesadaran akan diri dan dunianya menunjukkan bahwa anak berbakat memiliki perkembangan emosi yang lebih matang dan stabil. Kesadaran yang tinggi akan disertai dengan peasaan berbeda dari yang lain, idealisme dan kesadaran akan keadilan yang tumbuh lebih awal, kepekaan terhadap ketidakkonsistenan perilaku dengan yang seharusnya, perkembangan pengendalian diri dan kepuasan internal terjadi lebih awal, dan tingkat pertimbangan moral yang lebih tinggi.
Di sisi lain, karakteristik kognitif yang tinggi belum tentu disertai dengan terjadinya perkembangan emosi yang tinggi pula. Akumulasi informasi yang terjadi pada anak berbakat karena sensitivitas atau kepekaannya terhadap dunia sekitar mungkin tidak mencuat ke kesadaran anak. Anak berbakat seringkali menunjukkan harapan yang tinggi terhadap dirinya maupun orang lain. Karena harapan ini tidak selalu disertai dengan kesadaran diri, maka tidak jarang membawa dirinya menjadi frustasi terhadap dirinya, orang lain atau situasi. Dalam kondisi seperti ini anak akan menunjukkan perkembangan emosi yang tidak stabil dan kesulitan dalam menyesuaikan diri. Orang yang memiliki kemampuan ini biasanya para psikolog.

 fisik
Apabila perkembangan intelektual lebih cepat daripada perkembangan fisik, maka anak akan merasa tidak adekuat secara fisik, sementara jika tuntutan fisik kurang menantang secara intelektual akan menjadikan anak berbakat kurang tertarik dan tidak akan memperoleh kepuasan melakukan kompetisi di dalam kelompok sebaya. Anak berbakat mungkin pula menunjukkan aktivitas fisik yang berlebihan, atau dia menghindari keterlibatan dirinya dalam aktifitas fisik dan hanya membatasi diri pada aktivitas mental.
Melihat karakteristik dan kebutuhan fisik anak berbakat, maka program pendidikan bagi mereka selayaknya mempertimbangkan kebutuhan untuk melakukan aktivitas yang memungkinkan terjadinya integrasi dan asimilasi data sensoris, apresiasi kapasitas fisik, menjelajahi aktivitas fisik yang menimbulkan kesenangan kepuasan, menjelajahi aktivitas yang mengarah pada keterpaduan antara pikiran dan badan. Kemampuan fisik ini ditampilkan oleh atlit, penari dan aktor, ataupun mereka yang bekerja di bidang konstruksi.

 Intuitif
Ranah intuitif berhubungan dengan kemampuan kreatifitas , lagi-lagi sma dengan definisi Renzulli, Calrk berpendapat bahwa siswa yang berbakat ini menunjukan kapasitas kreatif yang luar biasa dalam bidang usaha kreatif.

 sosial
Clark (1988) menghimpun dan menyimpulkan berbagai hasil studi yang dilakukan banyak ahli tentang perkembangan sosial dan emosional anak berbakat, sebagai berikut:
1) Anak berbakat merasa lebih senang dan puas dengan keadaan dirinya sendiri dan hubungan antar pribadinya
2) Anak berbakat cenderung menunjukkan penyesuaian emosional yang lebih baik daripada anak normal lainnya walaupun kecenderungan ini lebih erat kaitannya dengan latar belakang sosial ekonomi daripada dengan kecerdasan.
3) Anak berbakat cenderung lebih mandiri, lebih dominan, lebih mampu mengendalikan lingkungan, dan lebih kompetitif.
4) Anak berbakat menunjukkan kecakapan kepemimpinan dan menjadi terlibat dalam kegiatan dan kepedulian sosial. Anak berbakat lebih cepat sadar akan isu moralitas dan jika terlibat dalam kepemimpinan kelompok akan cenderung bersikap demokratis dan sangat minim menggunakan pendekatan otoriter.
5) Anak berbakat lebih cenderung memilih kawan yang memiliki kesebayaan usia intelektual daripada memilih kawan yang secara kronologis berada pada usia yang sama. Oleh karena itu, anak berbakat cenderung berkawan dengan anak yang usianya lebih tua. Kecerdasan ini pentinig untuk dimiliki para guru, fasilitator, terapis, politikus, pemimpin agama dan salesman.

0 komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar mu jangan lupa yah. Budayakan kirim komentar. :)